Langsung ke konten utama

Profil Dosen

Nama   : Melkior Wewe, M.Pd
NIDN   :0806017901
Prodi    : Pendidikan Matematika
PT        : STKIP Citra Bakti
TTL     : Nangapanda, 06 Januari 1979

Riwayat Pendidikan

SDK Nangapanda I Lulus tahun 1992, melanjutkan Studi ke Jenjang Pendidikan Menengah Pertama Di SMP Negeri Nangapanda yang sekarang di ganti dengan nama SMPN 01 Nangapanda dan lulus pada Tahun 1995. Melanjutkan Ke Pendidikan Atas di SMA Karya Nangapanda dan Lulus pada tahun 1998. Melanjutkan Studi S1 di Universitas Flores Ende, memilih program studi Pendidikan Matematika dan lulus Tahun 2003. Melanjutkan Studi S2 di Ubiversitas Indraprasta PGRI Jakarta pada Tahun 2008 selesai pada tahun 2010.

Riwayat Pekerjaan

Tahun 2001 - 2003 sebagai guru Honor di SMPK Maria Goretti Ende, mengajar mata pelajaran Matematika, dan Tahun 2002-2003 mengajar di SMA Karya Nangapanda mata pelajaran IPA Fisika.
Tahun 2003 Hijrah ke Tangerang dan mengajar Di SMP Swasta Katolik Maria Immaculata Tangerang dari tahun 2003- 2011. Bidang Studi yang di ampu adalah Matematika dan IPA Fisika. Tahun 2011 - sekarang menjadi Dosen di STKIP Citra Bakti. 

Riwayat Jabatan

Tahun 2005- 2013 menjadi wakil kepala Sekolah menangani bidang Kurikulum di  SMP Swasta Katolik Maria Immaculata Tangerang. 
Tahun 2013 - 2016 menjadi Ketua Program Studi PGSD STKIP CItra Bakti
Tahun -2016 - 2017 menjadi Ketua Program Studi Pendidikan Matematika
Tahun 2017 - ...... Menjadi Ketua Pusat Penjaminan Mutu di STKIP CItra Bakti

Riwayat Penelitian
  1. Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa PGSD STKIP Citra Bakti Pada Materi Geometri Ruang Sisi Datar  (Jurnal Ilmih Pendidikan Citra Bakti)
  2. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil BelajarMatematika Siswa SD  (Jurnal Ilmih Pendidikan Citra Bakti)
  3. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap HasilBelajar Matematika Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Bajawa  (Jurnal Ilmih Pendidikan Citra Bakti)
  4. Pengaruh Pendekatan MatematikaRealistik (PMR) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDK Ngedukelu Kecamatan Bajawa Tahun Pelajaran2014/2015  (Jurnal Ilmih Pendidikan Citra Bakti)
  5. The Effect Of Problem Based Learning Model And Mathematic Logical Inteligence Toward Mathematics Learning Achievement ( Journal of Education Technology)
  6. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika dengan Problem Posing (Journal Math Educator Nusantara)
  7. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDI Beiposo T.A 2013_2014  (Jurnal Dharma Pendidikan)
  8. Pengaruh Model Problem Based Learning dan Kecerdasan Logis Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika se- Kecamatan Bajawaa (Penelitian Hibah Kemeristekdikti)
  9. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika berkarakter Berbasis Matematika Realistik untuk meningkatkan prestasi Belajar Matematika.  (Penelitian Hibah Kemeristekdikti)
Riwayat Pengabdian


  1. Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Berbasis Artikel Ilmiah Pada Guru SD Di Gugus II Kecamatan Inerie Kabupaten Ngada Menjadi Ketua
  2. Pendampingan kelompok belajar Matematika pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 yang kaan menghadapi Ujian Nasional pada tahun SMP 2016 Negeri
  3. Pelatihan Pembelajaran Matematika Inovatif Bagi Guru-guru jenjang Sekolah Dasar di gugus Kecamatan
  4. Pelatihan Pembelajaran Inovatif Bagi Guru-guru Matematika Jenjang Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Bajawa
  5. Pengembangan Instrumen Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS)Pembicara/ NarasumberSMA Negeri I Bajawa kabupaten Ngada





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Matematika dan Cinta

  Mengungkapkan cinta lewat simbol-simbol matematika, 
https://www.sekolahdasar.net/2019/10/5-tips-mengajar-matematika-untuk-anak.html https://www.sekolahdasar.net/2019/10/5-tips-mengajar-matematika-untuk-anak.html

Proses perkuliahan setting kooperarif

           Berikut ini merupakan beberapa pengertian pembelajaran kooperatif ( cooperative learning ) menurut para ahli.          Depdiknas (2003:5) “Pembelajaran Kooperatif ( cooperative learning ) merupakan strategi pembelajaran melalui kelompok kecil siswa yang saling bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar”.          Bern dan Erickson (2001:5) “ Cooperative learning  (pembelajaran kooperatif) merupakan strategi pembelajaran yang mengorganisir pembelajaran dengan menggunakan kelompok belajar kecil di mana siswa bekerja sama untuk mencapai tujuan belajar”.          Johnson,  et al.  (1994); Hamid Hasan (1996) “Belajar kooperatif adalah pemanfaatan kelompok kecil (2-5 orang) dalam pembelajaran yang memungkinkan siswa bekerja bersama untuk memaksimalkan belajar mereka dan belajar anggota lainnya dalam kelompok”        Suprijono, Agus (2010:54) “Model pembelajaran koop